Membuat Chicken Wings Kesukaan untuk Dibawa Ngantor

Halo halo.. dalam postingan blog satu ini saya ingin berbagi mengenai membuat Chicken Wings yang mana menu satu ini paling sering saya buat cemilan sambil nonton TV bareng suami di rumah bahkan untuk dibawa ke kantor untuk menjadi makan siang.

Rasanya gimana gitu sama chicken wings ini apalagi kalau hasil dari buat sendiri, yah.. meskipun awal-awal dulu saya bermula dari iseng-iseng mencoba resep sana-sini yang diperoleh melalui internet, seperti Cookpad.com makin kesini makin jago deh saya membuat makanan satu ini, menurut saya dan suami hahahaha..

balajar masak dengan cookpad

Enaknya kalau sudah bisa membuat sendiri ya tentu saja tak perlu lagi membeli di restoran cepat saji, cukup meluangkan waktu sebentar di dapur, kemudian srang sreng srang sreng dan taraaa jadilah chicken wings spesial ala ala, xixixixi…

Alasan lainnya mengapa saya cenderung lebih memilih buat sendiri terutama buat makan di kantor adalah lebih ngirit pengeluaran untuk makan siang. Terang aja karena kalo dihitung-hitung pengeluaran sekali makan siang tuh bisa Rp 20.000 – 30.000, dan kalau beli di rumah makan padang seringkali bosan dengan menu yang itu-itu juga.

Itulah mengapa saya seringkali mengakali bawa bekal dari rumah supaya ada hari tertentu dalam setiap minggunya makan siang cukup bawa bekal dari rumah saja, lebih sehat karena buat sendiri dan lebih hemat tentunya.

bekal makanan chicken wings

Seperti telah disebutkan Chicken wings ini selain menjadi bekal favorit saya untuk dibawa ke kantor juga menjadi teman cemilan bersama untuk bersantai bersama suami sambil nonton TV atau chit chat di sofa, maka tak heran kalau suami jadi sering request makanan satu ini dikala kami melewatkan waktu bersama.

Pasalnya dia bilang punya saya lebih enak dari yang dijual di resto-resto lainnya gitu, hmmm.. siapa ya tak senang dipuji seperti itu hihihihi…

Nah, di bawah ini saya bakalan bagi resep Chicken Wings favorit saya dan suami, karena bumbunya simpel dan cara membuatnya sederhana yang penting rasanya bisa enak serta yang pasti sehat bergizi… Tul gak sih?

Resep Chicken Wings ala Henny

resep chicken wings yang enak

Sebelum  membuat menu enak dari ayam ini, saya biasanya terlebih dulu menyiapkan bahan-bahan penting yang akan dipakai, seperti sayap (bisa juga paha) ayam sebanyak 10 buah. Kemudian bawang putih 3 siung saja. Selanjutnya beberapa bahan lain sbb:

  • Saus tiram 2sdm
  • Tepung maizena 2 sdm
  • Kecap asin 1 sdm
  • Saus sambal (bisa saus tomat) 2sdm
  • Madu murni 2sdm
  • Seruas jahe.

Langkah lebih lanjut adalah menyiapkan bahan untuk saus, yang nantinya diaduk menjadi satu sampai merata, dari bahan bahan yang terdiri atas:

Bawang putih yang diparut halus, saus tomat (sambal) sesuai selera, bubuk cabe, saus tiram, kecap asin, gula pasir, minyak wijen dan cuka apel.

Eitts, belum selesai loh.. Sekarang masih ada langkah untuk memanggang ayam tersebut.

Cara Membuat Chicken Wings yang Enak

Nah, kalo di bawah ini adalah cara saya yang diadopsi dari sumber yang saya peroleh melalui internet. Anda bisa mencoba nya atau bisa juga melakukan eksperimen sendiri supaya bisa mendapatkan hasil enak sesuai selera masing-masing.

Pertama-tama saya menghaluskan 1 ruas jahe dan 3 siung bawang putih tadi kemudian membalurkannya ke seluruh bagian sayap atau paha seraya diremas hingga merata, lalu biarkan 5 menit sampai meresap bumbunya.

Selanjutnya tambahkan semua bahan-bahan saus yang telah disiapkan untuk diaduk rata dan diamkan kembali minimal 1 jam ke dalam kulkas supaya semua bumbu masuk sempurna sampai ke lapisan daging dalam.

cara membuat chicken wings

Biasanya sih, saya buat malam sebelum nya sehingga pagi hari tinggal dioven hingga warnanya matang dan siap dibawa bekal ke kantor saya dan suami. Atau ketika malam minggu kami berdua nonton TV bersama tinggal dimasak dengan oven dan menikmati sajian Chicken Wings bersama.

Mau untuk bekal ke kantor ataupun untuk melewatkan waktu bersama pasangan tercinta, menu satu ini sering menjadi andalan saya, hehehe…